Selasa, 07 Oktober 2014

Mempersiapkan dan Mengelola Administrasi Usaha

1.    Pengertian administrasi usaha
Administrasi usaha adalah suatu proses yang umumnya terdapat pada semua usaha kelompok negara, swasta, sipil atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan.



2.    Prinsip dan fungsi administrasi usaha
Berikut yang menjadi prinsip administrasi usaha itu timbul karena 3 faktor yaitu:
a)    Adanya sekelompok manusia yang terkait di dalam dunia usaha
b)    Adanya tujuan yang diharapkan di dalam dunia usaha
c)    Adanya kerja sama usaha dengan semua pihak

Adapun fungsi administrasi usaha yaitu :
a)    Menyediakan dan melengkapi serta mengelola buku buku administrasi perusahaan dengan baik da teratur
b)    Mencatat alat alat perlengkapan perusahaan dan kegiatan- kegiatan usaha atau bisnis ke dalam buku buku administrasi
c)    Mengerjaka buku- buku administrasi perusahaan dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku
d)    Memelihara buku- buku administrasi perusahaan dengan baik dan benar
3.    Pengaturan dan tujuan administrasi usaha
Pengaturandan pelaksanaan  administrasi  usaha diantaranya sebagai berikut :
a)    Pengaturan catatan dan dokumen transaksi usaha
b)    Pengaturan catatan dan dokumen pemasaran dan penjualan produk
c)    Penaturan catatan dan dokumen para konsumen atau pembeli
d)    Pengaturan catatan dan dokumen personalia perusahaan
e)    Pengaturan catatan dan persiapan dokumen- dokumen perusahaan

Maksud dan tujuan administrasi usaha yaitu :
a)    Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat memonitor kegiatan dan pengendalian usaha
b)    Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat mengamankan jalannya pelaksanaan kegiatan usaha
c)    Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan mengevaluasi kegiatan usaha
d)    Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat menunjukkan adanya bukti- bukti kegiatan usaha
e)    Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat menyusun program pengembangan kegiatan wirausaha
f)    Agar wirausaha sebagai pemilik perusahaan dapat mengambil keputusan dalam pengembangan dan pengendalian usaha

4.    Macam – macam catatan kegiatan administrasi usaha :
a)    Surat menyurat
b)    Perjanjian dagang
c)    Pemesanan dan pengiriman produk
d)    Pemasaran produk
e)    Persediaan
f)    Kepegawaian
g)    Proses produksi
h)    Gudang

5.    Prosedur administrasi usaha

a)    Administrasi dalam usaha kecil yaitu :
1)    Pencatatan produksi dan pengadaan barang- barang diantaranya , pencatatan produksi barang, pencatatan penyediaan barang
2)    Pencatatan barang dagangan dan produksi antara lain, pencatatan produkis barang, pencatatan retur dan klaim

b)    Administrasi dalam usaha besar
Kegiatan administrasi dalam usaha besar antara lain :
1)    Pencatatan produksi barang
2)    Pembayaran
3)    Pencatatan retur dan klaim
4)    Pencatatan penerimaan pesanan atau order barang
5)    Pembuatan kuitansi pembayaran
6)    Pembuatan nota pengeluaran barang dan modal
7)    Pembuatan faktur penjualan barang
8)    Pembuatan surat jalan pengiriman barang



1 komentar: