Senin, 20 Oktober 2014

Mencegah Pencemaran di Lingkungan Rumah

Lingkungan rumah merupakan daerah tempat di sekitar kita tinggal. Tentunya lingkungan juga sangat berpengaruh banyak terhadap kepribadian seseorang, karakter seseorang dan juga kesehatan tubuh seseorang. Lingkungan yang bersih sangat besar pengaruhnya terhadap tubuh kita sendiri. Sebaliknya juga lingkungan yang kotor merupakan sarang terkumpulnya  bakteri- bakteri dan virus sumber berbagai macam penyakit.

Kita harus menerapkan kesadaran terhadap diri sendiri untuk  membuat lingkungan yang bersih, asri, sehat dan juga berkualitas. Khususnya di mulai dengan lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Lingkungan yang kita tinggali adalah faktor utama yang berpengaruh besar untuk kesehatan tubuh kita.


Kita harus menciptakan lingkungan yang bersih, di mulai dari kerja bakti yang di lakukan oleh warga sekitar , tentunya warga sekitar pun harus mempunyai kesadaran tentang pentingnya hidup sehat di lingkungan yang sehat pula. Memang tidak seua orng itu langsung menyadari dan menerapkan hidup sehat di lingkungan yang sehat, ada beberapa orang juga yang malas melakukan hal tersebut, bahkan di rumahnya pun ada beberapa orang yang bahkan tidak rajin untuk menjaga kebersihan rumahnya sendiri.

Membersihkan halaman di dalam dan di luar pagar rumah kita juga merupakan salah satu upaya untuk membersihkan lingkungan sekitar, jika setiap rumah melakukan hal yang sama, pastilah sebuah jalan dan daerah perumahan tersebut akan bersih dan bebas sampah. Tentunya setelah melakukan bersih- bersih seperti itu, alangkah baiknya jika kita juga menanam beberapa pohon besar di luar halaman rumah kita.
Pohon yang di tanam di luar pagar akan membuat jalanan terasa lebih sejuk, lebih hijau dan lebih segar daripada biasanya. Dan hal ini juga bermanfaat untuk membersihkan lingkungan dari udara yang kotor dan polusi- polusi. Dengan adanya pepohonan, maka semuanya akan terlihat lebih hidup dan lebih bersih.


Menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap bersih dan sehat memang dibutuhkan kesadaran yang tinggi, serta niat dan usaha yang benar- benar mantap. Keinginan itu dimulai dari diri sendiri, jika diri sendiri sudah menyadari betapa pentingnya hidup sehat di lingkungan yang sehat, maka kita tidak akan ragu lagi untuk setiap hari menjaga lingkungan di sekitar rumah kita untuk selalu bersih dan bebas sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar