Selasa, 07 Oktober 2014

Strategi Menjalankan Usaha

Pasar adalah suatu kondisi yang di dalamnya terdapat seluruh pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan atau keinginan tertentu yang mana mereka bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.



Dalam strategi , seorang wirausaha harus dapat megkondisikan pasar sesuai dengan karakteristik masing- masing sehingga dlam proes pemasaran produk dan menjalankan usaha dapat berjalan dengan lancar, pembagian pasar tersebut disebut segmeting, targeting dan positioning.
1)    Segmeting
Segmeting atau segmentasi adalah suatu langkah atau tindakan yang dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha dengan cara mengelopokkan masyarakat atau konsumen ke dalam suatu perangkat –perangkat atau kelompok tertentu menurut karakterisitik atau ciri –ciri tertentu dalam suatu pasar yang masih ke dalam suatu kelompok yang homogen atau sejenis atau sama karateriktiknya atau sama ciri- cirinya.

2)    Targeting
Targeting adalah suatu langkah yang ditempuh oleh seorang penjual atau pengusaha untuk menentukan bagian mana dari segmen pasar yang ada dan ingin dimasuki dengan produknya. Setelah konsumen dibagi menjadi beberapa kelompok atau segmen yang homogen, tindakan selanjutnya adalah memilih mana kelompok konsumen yang dianggap memiliki kelebihan dan peluang menerima produk yang ditawarkan dan mana yang tidak menjanjikan paluang pasar.
a)    Target utama
b)    Target kedua atau cadangan

3)    Positioning
Setelah dua pondasi penempatan produk di atas dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah berusaha mendapatkan  posisi di dalam benak atau fikiran konsumen yang telah dipilih, jadi dalam langkah terakhir ini seorang penjual atau pengusaha harus mengerahkan segala kemampuannya dallam memposisikan produknya di mata masyarakat sebagai konsumen mereka.

4)    Strategi distribusi
Adalah suatu menyalurkan suatu produk baik berupa barang atau jasa ke tempat yang paling dekat dengan konsumen. Dalam ilmu pemasaran produk distribusi merupakan salah satu fungsi pemasaran yang dapat memberikan nilai guna yang lebih baik terhadap suatu produk.
a)    Pertimbangan pasar
b)    Pertimbangan produk
c)    Pertimbangan perantara
d)    Pertimbangan perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar